Friday 19 September 2014

Android 'L' bawa Fitur Enkripsi Data Secara Bawaan

23:47

Tak hanya Apple yang peduli dengan masalah keamanan data, perusahaan pengembang OS Android pun sama. Platform mobile Android generasi berikutnya yang akan dirilis bulan depan diklaim akan lebih aman. Ini karena Android seri "L" akan mengaktifkan fitur enkripsi data secara default, atau secara bawaan.

Fitur enkripsi itu sejatinya sudah ditawarkan Android pada sejumlah perangkat sejak 2011 (Android 3.0 Honeycomb). Namun dikatakan, hanya segelintir orang saja yang mengetahui cara mengaktifkannya. Kini, dengan prosedur aktivasi secara otomatis ini, hanya pihak yang memasukkan password dengan benar sajalah yang bisa mengakses data di handset itu.
Enkripsi data memungkinkan isi data tidak diketahui orang lain. Sebab, hanya pihak yang mengetahui/memiliki kuncinya sajalah yang bisa membuka data tersebut. Ini artinya, pihak ketiga tidak bisa melihat isi data tersebut, baik itu para peretas maupun penegak hukum.
"Sudah tiga tahun Android sudah menawarkan enkripsi dan kuncinya tidak disimpan di dalam perangkat, jadi mereka tidak bisa dibagi ke penegak hukum skalipun," kata juru bicara Google, seperti dikutip dari The Verge. "Sebagai bagian dari Android yang akan dirilis berikutnya, enkripsi akan diaktifkan secara default out of the box, jadi Anda tidak perlu memikirkan untuk mengaktifkannya."
Enkripsi data secara default juga sudah mulai diterapkan Apple pada iOS 8. Update iOS 8 ini sudah digulirkan Apple untuk para pengguna produk mobile-nya sejak kemarin.

sumber : the verge

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Blognya Manusia Gadget. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top